[architecture edition] Perancangan Arsitektur 1

by Sunday, July 08, 2012 0 komentar
(posting ini dibuat untuk memnuhi tugas akhir TIK semester 2)

di semester dua ini, kami mulai mengenal kuliah yang disebut-sebut sebagai mata kuliah terberat , tersulit , terutama , dan ter- ter- yang lain lah . Perancangan Arsitektur . Jika kita gagal di mata kuliah ini , sudah dipastikan kuliah akan molor setahun *_* karena itulah Perancangan Arsitektur ini sangat amat amat penting buat mahasiswa atsitektur . apapun untuknya deh .

semester 2 , Perancangan Arsitektur 1 , kami disuruh untuk merancang sebuah counter pembayaran listrik, air, telepon, dsb . dan inilah rancangan saya :

DENAH


tidak ada yang spesial mengenai denah, ada ruang tunggu , loket, dan kamar mandi kecil . ya , seperti hal nya counter pembayatan pada umumnya . lahannya pun juga terbatas , jadi agak sulit untuk menambahkan ruangan" lain.

TAMPAK DEPAN DAN TAMPAK SAMPING


sebenarnya rancangan awal saya bukan seperti ini , namun karena acc bebrapa kali, jadilah bangunan yang seperti ini. karena ini adalah counter pembayaran listrik dan air , bangunannya pun harus menunjukkan bahwa ini adalah counter pembayaran listrik dan air. jadilah bangunannya seperti ini , ada lambang listrik (petir berwarna kuning) dan lambang air (bulatan air di bagian atap)

POTONGAN A-A


disini sedikit terlihat interior ruangannya . di bagian belakang counter pembayaran ada ornamen batu" alam, berikut petugas dan orang yang sedang membayar . ada juga orang ya sedang memasuki kamar mandi . bagian favorit saya adalah rak buku yang bentuknya kotak kotak itu . benar" unik .

PORONGAN B-B


disini terlihat ruang tunggu dan loket pembayarannya juga . terlihat ada petugas yang duduk menunggu orang yang akan membayar. yang paling saya suka dari potongan ini adalah bentuk kursi tunggu yang lucu dan unik . meja nya pun unik , hanya saja kurang terlihat detail nya .

SITE PLAN


ini adalah gambar bangunan dilihat dari atas . terlihat bangunan saya terletak di ujung sebuah pertigaan , dan atap saya dirancang dengan menggunakan dak beton .

LAYOUT PLAN


berikut adalah layout plan , bangunan dilihat dari atas, namun terlihat bagian dalam bangunan juga . dapat dilihat dari gambar, disebelah kiri bangunan saya terdapat panti asuhan , disebelah kanan dan belakang rumah saya terdapat hunian/ rumah warga. sedangkan di bagian depan bangunan terdapat sebuah sekolah .

DETAIL INTERIOR 1


dari detail interior ini dapat dilihat ruangan loket pembayaran dilihat dari sisi luar , pintu kamar mandi , dan orang yang sedang membayar di loket . disini juga lebih terlihat ornamen batu alam yang tidak rata , namun juga sedikit naik-turun. rak buku yang unik pun sudah terlihat lebih jelas disini .

DETAIL INTERIOR 2


kalau detail interior 1 tadi lebih memperlihatkan loket , detail interior kedua lebih menunjukkan ruang tunggu nya . terlihat ada banyak kursi" berikut mejanya dan ada orang yang sedang duduk menunggu pembayaran.

DETAIL ARSITEKTUR


kalau ini adalah detail arsitektur , bagian" pada bangunan yang mempunyai nilai seni/ arsitektur . rancangan bangunan saya tidak terlalu banyak yang memiliki detail arsitektur pada bentuk bangunannya . namun lebih banyak pada desain interior nya , jadilah saya menggambar perabot" yang menurut saya unik . PRESPEKTIF MATA BURUNG


ini adalah gambar yang terakhir , prespektif mata burung . bentuk bangunan kita secara keseluruhan dari pandangan mata burung (dari atas) .

hoah , benar" perjuangan memenyelesaikan tugas perancangan arsitektur ini . padahal baru PA1 , bagaimana kalau sudah PA5 ? *_*

tapi sungguh lega akhirnya tugas ini bisa selesai juga , yey . Puji Tuhan sekali lah pokok nya . semester depan , lebih berat , harus lebih kerja keras !

Atalia

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar :